jack-Axle sinau linux jack-Axle sinau linux jack-Axle sinau linux

Jumat, November 11, 2011

CARA MANUAL INSTALL DRIVER Aty / Amd RODEON DI UBUNTU 11.10

      Setelah install System linux tentunya hal yang pertama kita install adalah kartu grafis  VGA.Yang Akan Saya tulis disini adalah pengalaman saya Sehabis install UBUNTU 11.10 oneiric ocelot,kasus Driver VGA yang belum Teristal dan terupdate dengan baik biasanya kita rasakan saat kita mengutak atik  efek unity  tiba2 komputer hank* 
Berulang kali saya coba menginstall driver VGA Dengan Media bawaan (additional drivers ) hasilnya selalu gagal : 

       Setelah Sempat kesana kemari Akhirnya saya mencoba untuk menginstal secara manual driver VGA Amd rodeon komputer saya 


  ~PERTAMA
Menghapus Catalyst/fglrx  Dengan terminal :
 perintah dibawah  hanya akan ada jika Anda men-download driver dan menginstal secara langsung (bukan membangun sebuah paket). Lewati perintah pertama jika tidak ada

$ sudo sh /usr/share/ati/fglrx-uninstall.sh
$ sudo apt-get remove --purge fglrx fglrx_* fglrx-amdcccle* fglrx-dev*
Jika anda berencana untuk menggunakan open source driver, Anda akan perlu menginstal ulang beberapa paket  Catalyst
$ sudo apt-get remove --purge xserver-xorg-video-ati xserver-xorg-video-radeon
$ sudo apt-get install xserver-xorg-video-ati
$ sudo apt-get install --reinstall libgl1-mesa-glx libgl1-mesa-dri xserver-xorg-core
$ sudo mv /etc/X11/xorg.conf /etc/X11/xorg.conf.backup
$ sudo rm -rf /etc/ati
 Kemudian jika dapet pesan :
$ E: Internal Error, No file name for libgl1-mesa-dri
 Ketik :
$ sudo apt-get install --reinstall libgl1-mesa-glx:i386 (libgl1-mesa-glx:amd64) libgl1-mesa-dri:i386 (libgl1-mesa-dri:amd64) xserver-xorg-core

~KEDUA:
Jika sebelumnya Anda telah mencoba menginstal Catalyst, Cek dulu repositori Anda (System -> Administration -> Software Sources). atau Aplikasi-> Ubuntu Software Center-> Edit-> Software sources-> Other software: check canonical partners.
  •  Instal  package :
$ sudo apt-get install build-essential cdbs fakeroot dh-make debhelper debconf libstdc++6 dkms libqtgui4 wget execstack libelfg0 dh-modaliases
  • Jika Anda menggunakan arsitektur x86_64 (64 bit), pastikan untuk menginstal "ia32-libs" sebelum melanjutkan! 
$ sudo apt-get install ia32-libs
~KETIGA
Download paket Catalyst terbaru.Download driver AMD Rodeon  DISINI sesuaikan dengan Graphics Drivers AMD Rodeon  yang terpasang di komputer  
Cek vga dengan terminal : 
~# lspci | grep VGA
 Contoh saya disini pakai  Vga Amd rodeon HD 4560 
Atau langsung dengan cara : 

$ cd ~/; mkdir catalyst11.10; cd catalyst11.10/
$ wget http://www2.ati.com/drivers/linux/ati-driver-installer-11-10-x86.x86_64.run
$ chmod +x ati-driver-installer-11-10-x86.x86_64.run


  Buat .Deb package:
$ sudo sh ./ati-driver-installer-11-10-x86.x86_64.run --buildpkg Ubuntu/oneiric 

Yang Terakhir Install.debs:

$ sudo dpkg -i fglrx*.deb
 

Berikut serangkaian Ritual Cara install driver VGA ATY CATALYST AMD RODEON Secara Manual,cara ini sudah saya uji coba di komputer saya dan bisa berjalan lancar.....Tulisan ini saya rangkum Dari beberapa sumber hasil saya ngoprexx ,saya tulis disini bertujuan untuk mem back up Agar kapanpun bisa saya baca ..... kritik dan saran atau caci maki silahkan di kotak komentar....

REFF: 
Berbagai sumber

3 komentar:

  1. Wah... ini yang saya cari, terimakasih tutorialnya om jack-Axle... dicoba dulu

    BalasHapus
  2. @mas rizal ,trima kasih ...di coba dulu..

    BalasHapus
  3. pusing nyari kemana mana... eh bangun pagi,.. langsung nyari lagi,.. dpt di tempat bang Jack,.. ane coba dulu bang,..

    BalasHapus