jack-Axle sinau linux jack-Axle sinau linux jack-Axle sinau linux

Rabu, Desember 07, 2011

Install xampp di linux



Saya sudah mencoba di  distro Ubuntu 10.10, saya kira selain di ubuntu  sama cara konfigurasinya. di linux Xampp lebih dikenal dengan istilah Lampp.

Untuk melakukan instalasi pastikan bahwa komputer anda terhubung dengan internet, sebelumnya lakukan Update Ubuntu anda melalui terminal (editor di linux) ketik perintah sbb :



sudo dpkg --configure -a
sudo apt-get install -f
sudo apt-get update && sudo apt-get upgrade
 Apabila anda belum mempunyai file instalasinya silahkan download di DISINI, download file tersebut dalam bentuk kompresi tar.
Untuk lebih memudahkan dalam instalasinya tempatkan file lampp di root atau home .

Setelah itu bukalah konsole terminal masuklah sebagai root terlebih dahulu. ketik "sudo su" untuk ubuntu (tanpa petik), isikan passwordnya.
Extract file dengan mengetik
"tar xvfz xampp-linux-1.7.7.tar.gz -C /opt"
maka terjadi proses extact ke direktori /opt. Apabila tidak terjadi eror maka xampp telah terinstal.
Untuk menjalankan lampp ketik perintah berikut :
"/opt/lampp/lampp start"
apabila ada perintah "xampp for linux started" berarti xampp telah berjalan.

Jalankan web browser lalu ketik "localhost" atau "127.0.0.1" maka akan ditampilan pertama kali layar xampp splash pilih bahasa yang diinginkan setelah itu memasuki welcome screen dengan berbagai macam fiturenya. xampp for linux siap digunakan.


Dalam beberapa kasus, membuat program PHP dilinux, apabila ingin menyimpan/menempatkan file script di folder htdocs (root directory) kadang tidak berhasil. sebab defaulf folder htdocs dalam mode administrator, sehingga apabila ingin menyimpan atau edit scrip PHPnya maka editor dalam posisi mode administrator. Apabila ingin bekerja dalam mode user biasa rubahlah change permissions folder htdoc menjadi 777. Caranya masuk ke konsole terminal masuk sebagai root terus ketik
"chmod 777 /opt/lampp/htdocs"
setelah selesai maka proses editing PHP dalam mode user biasa.sekarang anda bisa mulai bekerja menggunakan server localhost di linux.namun bagi pemula kadang bingung saat menjumpai error,Ada baiknya mungkin sekalian saya bahas disini ,

Pada gambar diatas disebutkan bahwa web server lain telah berjalan. Jika kalian mengalami hal seperti ini, matikan dulu service web server apache2 tersebut, jika sudah kalian dapat menjalankan perintah memulai XAMPP. Cara untuk mematikan sementara service dari web server apache2 tersebut adalah sebagai berikut:
/etc/init.d/apache2 stop
Kira-kira seperti itulah hasilnya jika kalian memulai menjalankan XAMPP di ubuntu. Terdapat sebuah masalah jika sebelumnya kalian sudah pernah menginstall service Apache2. Apache XAMPP tidak akan berjalan ketika kalian menjalankan XAMPP. Jika yang bermasalah adalah service dari MySQL, maka perintahnya adalah sebagai berikut:
/etc/init.d/mysql stop
Jika service web server apache2 sudah dimatikan sementara, sekarang kalian dapat menjalankan XAMPP, silahkan ulangi perintah untuk memulai XAMPP. Atau kalian dapat menjalankan perintah ini:
sudo /opt/lampp/lampp startapache
Perintah diatas hanya akan menjalankan web server XAMPP saja. MySQL tidak akan dijalankan, karena tadi kalian sudah menjalankannya. Berikut adalah perintah-perintah lain yang dapat membantu kalian dalam menjalankan XAMPP Control Panel.

Parameter lain yang dapat digunakan untuk mengoperasikan XAMPP selain start dan stop sebagai berikut :
start : menjalankan XAMPP
stop : menghentikan XAMPP
restart : menghentikan dan jalankan kembali XAMPP
startapache : start apache
startssl : start ssl
startmysql : start mysql
startftp : start ftp
stopapache : stop apache
stopssl : stop ssl
stopmysql : stop mysql
stopftp : stop ftp
security : cek program keamanan



Uninstall XAMPP tinggal ketik mantra di terminal:
rm -rf /opt/lampp 


Semoga tutorial ini bisa membantu  !!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar